Latest News

Musisi Charly Setia Band Bicara Euforia Batu Akik di Garut

Musisi Charly van Houten menilainya euforia atau booming batu akik sangatlah luar umum serta jadi histori besar untuk keadaan sosial di Indonesia.
Karena itu, Charly menyampaikan industri kerajinan batu akik mesti dikemas sebagus mungkin saja lantaran alam Garut mempunyai komoditas batu semimulia yang berlimpah.
 " Pemerintah mesti me-maintenance usaha batu ini supaya lama, tak sebentar. Dengan demikian, perekonomian bakal jadi tambah baik. Usaha batu akik ini telah sangatlah luar umum, mengapa tak di kembangkan. Bila dapat hingga luar negeri, " katanya, Selasa (12/5/2015).
Spesial untuk batu asal Kabupaten Garut, ucap vokalis Setia Band ini, mutunya sangatlah luar umum.
Banyak warga dari luar negeri menyengajakan untuk mencari batu asal Garut seperti pancawarna serta batu hijau.
 " Gosip rusaknya lingkungan juga mesti di perhatikan. Supaya tak berlangsung rusaknya lingkungan, jadi mesti di-maintenance dengan baik serta pemerintah mesti turun tangan dalam menyikapinya, " katanya.

Menurut Charly, bila tak dikelola dengan baik, keadaan galian batu akik bakal berantakan. Dengan diatur dengan cara baik, jadi keadaan galian batu akik akan tidak mengakibatkan kerusakan lingkungan.
 " Jadi mesti di buat pola yang baik dalam memakai alam ini, janganlah asal main keruk. Ini dapat termasuk juga dalam bagaimanakah system penjualannya, mesti ada quality control tentu. Pemerintah juga mesti memberi perizinan untuk penambangan batu akik ini, " tuturnya.
Menanggapi ungkapan tren batu akik yang akan tidak bertahan lama, menurut Charly, hal semacam itu cuma pendapat sempit serta satu pihak. Eksistensi industri batu akik, kata Charly, bila dikelola dengan baik bakal bertahan sangatlah lama.
Hal semacam ini dikarenakan batu akik tak seperti ikan serta burung yang dapat diternakkan, atau tanaman yang dapat serta mati.
 " Batu akik perlu saat jutaan th. untuk jadi indah. Bila dipikirkan, apa bedanya batu akik Indonesia dengan batu mulia. Ketidaksamaan mendasarnya cuma pada pada di-maintenance dengan baik serta tak. Oleh karenanya, supaya batu akik bertahan lama, tentu mesti di-maintenance dengan baik, " ucapnya.
Disamping itu Yudi Nugraha, yang memiliki Koperasi Lasminingrat Gemstone, menyampaikan juga sebagai perwakilan dari entrepreneur batu akik, dianya mengharapkan pemerintah membuat perlindungan serta menolong sistem pengembangan industri batu akik di Garut.
 " Batu Garut adalah kebanggaan orang-orang Garut. Baiknya Pemerintah Kabupaten Garut pikirkan regulasi batu akik. Sebaiknya juga dipikirkan ketentuannya seperti apa serta kajian ilmiah profesional yang dikerjakan pakar seperti apa. Kami pasti sangatlah mensupport dengan langkah yang bakal di ambil. Diluar itu juga mesti dipikirkan berbarengan apa yang dapat di kembangkan untuk batu terkecuali dari segi perhiasan, " tuturnya.

0 Response to "Musisi Charly Setia Band Bicara Euforia Batu Akik di Garut"