Latest News

Batu Merah Delima [Ruby]: Keunikan, Kepercayaan dan Fakta Ilmiah Lainnya

Batu Merah Delima di kenal dengan sebutan lain juga sebagai Ruby. Type batu permata ini adalah salah satu type yang paling banyak di cari oleh kolektor atau pengagum bebatuan mulia. Merah Delima termasuk juga bebatuan tua yang cukup banyak mencari incaran dengan pelbagai mitos serta keyakinan yang menempel pada batu ini.

Batu Merah Delima Cincin
Batu Merah Delima yang sudah di proses juga sebagai bahan baku cincin
Batu type ini termasuk juga sebagai batu yang langka. Batu ini mempunyai kesolidan warna merah yang cukup kuat. Kuatnya warna merah pada batu ini mengakibatkan kekuatan batu ini untuk memengaruhi warna medium lain yang ada di sekelilingnya, seperti pada air dalam gelas. Nilai jual yang tinggi batu ini dikarenakan juga oleh jumlah batu ini yang termasuk tidak sering. Batu ini termasuk juga sebagai salah satu batu yang langka dibanding dengan bebatuan seperti Kecubung serta Bacan.

Kekerasan batu merah delima meraih 9 taraf mohs. Nilai kekerasan (hardness) itu jadi salah satu aspek yang merubah harga batu type merah delima ini. Nilai ini berbanding jauh dengan sebagian batu lain, seperti bacan yang cuma bernilai kekerasan 2-4 serta Pirus 3-5. Aspek kelangkaan, kemampuan warna serta nilai kekerasan batu ketiganya merubah nilai batu ini keseluruhannya di pasar perdagangan batu permata. Batu ini di kelompok pengagum serta kolektor yang mengetahuhi type batu telah tak dikatakan sebagai akik, tetapi juga sebagai permata.

Dengan nilai kekerasan yang meraih 9 taraf mohs, hanya satu batu yang menaklukkan nilai itu yaitu intan (diamond) yang meraih nilai 10. Nilai keras yang menempel pada intan mengakibatkan batu ini bernilai paling mahal. Batu intan bahkan juga dipakai juga sebagai salah satu bahan baku mata bor untuk penambangan minyak.

Merah Delima
Merah Delima berbentuk perhiasan terkecuali cincin
Warna paling utama batu Ruby didominasi oleh warna merah. Dengan cara umum warna yang menempel pada batuan ini yaitu merah cerah sampai merah kecokelatan. Warna yang paling di cari pada type batu ini yaitu merah tunggal dengan warna yang mendalam (solid). Pada sebagian type lain, merah delima yang berwarna lebih kebiruan lebih mahal di jual di market.

Warna Ruby yang baik di kenal jika mempunyai transparansi yang baik. Nilai warna inilah yang paling banyak merubah harga di market batu permata. Batu merah delima yang berwarna buram mempunyai harga lebih rendah dibanding yang cerah serta mempunyai transparansi yang baik. Merah delima baru mempunyai nilai permata jika mempunyai transparansi yang ideal.

Batu Merah Delima
Merah Delima dalam Bentuk Kristal
Prinsip pertama pemilihan harga batu mulia atau permata sangatlah ditetapkan oleh aspek subyektif kolektor. Sebagian kolektor dengan cara “gila” bisa beli permata dengan harga yang tinggi. Tetapi, dengan cara umum, harga batu merah delima ditetapkan oleh nilai kekerasan batu, warna, transparansi serta sisi olahan batu. Batu permata type ini yang belum di proses dengan kwalitas baik telah meraih harga 10-20 juta berbentuk yang mentah.

Pemrosesan memastikan nilai batu merah delima. Makin baik Merah Delima diasah, makin tinggi juga harga nya. Kegagalan dalam penyepuhan merah delima bisa mengakibatkan jatuhnya harga batu ini. Batu olahan yang dapat menghadirkan segi sisi-sisi cerah yang memantulkan sinar serta menyemburatkan warna merah. Dengan cara umum nilai kekerasan serta warna membedakan harga batu ini dengan bebatuan mulia yang lain.

Batu Merah Delima Zoisit
Merah Delima Zoisit
Merah delima di kenal dalam sebagian type, yakni :

Merah Delima Burma (Merah Delima Burma/Myanmar). Type batu Ruby dari Myanmar ini di kenal cukup lama dengan kesolidan warnanya. Sebutan ini jadi popular walau batu merah delima tida senantiasa mesti datang dari negara itu. Warna merah jelas jadi salah daya tarik type Rubi ini. Arti ini dipakai sedikit bias, pada segi lain arti ini dipakai untuk menyebutkan batu merah delima sintetis.
Merah Delima Darah Merpati (Pigeon Blood Ruby). Merah delima type ini mempunyai warna merah yang pekat serta berwarna sedikit kebiruan.
Merah delima zoisit. Merah delima type ini tercampur dengan zoisit. Merah delima type ini banyak diketemukan di Tanzania. Nilai batu type ini lebih rendah dibanding dengan Ruby yang lain.
 Merah Delima Bintang. Merah delima type ini tunjukkan hasil sistem pemolesan serta kwalitas benda. Type ini dapat pancarkan sinar. Jika di check dengan cahaya, batu ini bakal pancarkan sinar dengan cara semburat berwarna merah.
Kenyataan Ilmiah Merah Delima

Juga sebagai bebatuan mineral, merah delima mempunyai unsur penyusun yang tidak sama dengan bebatuan mulia type yang lain 1. Tersebut disini sebagian uraian perincian berkenaan dengan type batu ini :

Formula Kimiawi Al2O3
Warna umum Merah
Tingkat Kekerasan 9
System Kristal Hexagonal
Indeks bias batu permata 1. 76 - 1. 77
Nilai Kecerahan batu Transparan
Nama lain Ruby
Type mineral Corundum


Merah Delima Palsu

Pada th. 1902 batu Ruby pertama kali di buat type sintetisnya. Pembuatan Ruby sistetis dikarenakan oleh tingginya keinginan atas batu ini yg tidak disertai dengan suplai batu yang cukup. Sistem pembuatan batu merah delima sintetis atau palsu di kenal dengan sebutan sistem Verneuil. Manfaat membedakan batu merah delima asli serta palsu, nilai kekerasan jadi salah satu ukurannya. Umumnya batu sintetis tidak bisa menyamakan nilai kekerasan batu yang asli.

0 Response to "Batu Merah Delima [Ruby]: Keunikan, Kepercayaan dan Fakta Ilmiah Lainnya"