Latest News

Batu Kecubung: Keunikan, Mitos dan Fakta Ilmiah

Batu Kecubung didunia di kenal dengan sebutan amethyst. Batu ini tak saja ada di Indonesia. Batu ini adalah salah satu batuan mulia yang paling banyak menyebar didunia. Kecubung masuk ke salah satu kelompok batu kwarsa (quartz) 1. Batu type ini sudah di kenal mulai sejak zaman dulu. Sebutan amethyst di ambil dari kata Yunani ”amethystos” yang berarti “penangkal mabuk”. Batu ini demikian lama diakui juga sebagai salah satu batu yang bermanfaat untuk mencegah mabuk.

Awalnya batu kecubung cukup di kenal setara dengan sebagian type bebatuan mulia lain, seperti Merah Delima serta Zamrud. Pada era ke 18, penambangan masal serta penemuan cadangan Kecubung di pelbagai belahan dunia turunkan nilai jual type batuan mulia ini 2. Batu kecubung sama dengan warna ungu. Walau sekian, ada juga sebagian type batuan yang masih tetap serumpun yang berwarna hijau serta merah muda.

Batu kecubung saat sebelum diolah
Warna ungu pada batu kecubung bersumber dari radiasi alam atau kotoran besi. Sebagian rekayasa dikerjakan untuk menguatkan ketajaman warna batu ini, seperti dengan pemanasan. Pemberian panas sudah dapat dibuktikan bisa merubah warna batu ini, satu diantaranya jadi warna hijau yang lalu di kenal dengan sebutan Kecubung Hijau (Prasiolite). Kecubung hijau juga tak kalah popular di ranah perdagangan batu pemata atau batu mulia.

Distribusi warna pada batu kecubung mungkin saja tak rata. Hal semacam ini bisa mengakibatkan kegagalan dalam sistem penyepuhan batu. Kegagalan dalam sistem ini bisa mengakibatkan jatuhnya nilai batu waktu dilempar ke market.

Asal Batu Kecubung serta Ketidaksamaan Warna

Batu kecubung menyebar luas di pelbagai negara. Tiap-tiap negara, dengan kekhasan geologis semasing menimbulkan ciri khas type batu kecubung. Kecubung Uruguai sama dengan warna kombinasi biru serta ungu ; kecubung dari Rusia sama dengan kemerahan. Corak batu kecubung yang datang dari Afrika dinilai lebih kaya warna dibanding dengan batu sama yang datang dari Amerika Selatan. Kecubung Afrika jadi salah satu kecubung yang paling banyak diminati lantaran kepekatan warnanya.

Batu Kecubung, Type batu akik
Batu Kecubung yang di proses manik-manik
Batu kecubung di Indonesia sama dengan warna ungu jelas. Walau sekian, sebagian temuan Kecubung yang sudah lebih tua juga tunjukkan warna yang lebih pekat. Kecbung banyak didapati di lokasi kalimantan.

Ada banyak type batu kecubung, yakni :

Kecubung Afrika. Type batu mulia ini datang dari afrika. Batu asal Afrika ini jadi salah satu type yang paling banyak diminati lantaran kepekatan warna yang terdapat dalam batuan ini.
Kecubung Kuarsa (kwarsa). Kecubung kwarsa banyak dinilai juga sebagai kecubung dengan kwalitas terendah. Batu type ini mempunyai struktur warna yg tidak seimbang pada ungu serta putih. Harga kecubung type ini tidaklah terlampau tinggi. Mengingat rendahnya harga, di sebagian negara batu kecubung type ini semakin banyak dipakai untuk bahan baku manik-manik.
Kecubung Hijau. Mengingat kecubung sama dengan warna ungu, type kecubung ini sedikit dikenali di Indonesia. Arti popular untuk menyebutkan kecubung hijau yaitu prasiolite. Kecubung type in dihasilkan lewat sistem pemanasan. Susunan warna kecubung bisa beralih disebabkan dipanaskan pada suhu spesifik.
Perincian Kenyataan Ilmiah Sekitar Batu Kecubung

Batu kecubung bisa di check dengan standard ilmiah. Memakai standard ini, komposisi batu bisa memastikan harga serta biasanya memastikan type. Dengan cara sepintas, bakal susah untuk pemula untuk tahu ketidaksamaan batu ini dengan yang sejenis. Di bawah ini yaitu perincian penjelasan sekitar kecubung lewat pendekatan ilmiah :

Formula Kimiawi SiO2
Warna umum Ungu
Tingkat Kekerasan 7
Indeks bias batu permata 1. 54 - 1. 55
Nilai Kecerahan batu seperti kaca
Type mineral Kwarsa (quartz)
Sumber : Mineral, net

Keyakinan Sekitar Batu Kecubung

Batu kecubung cukup diminati mulai sejak era 18. Penamaan dengan memakai kata amethyst tersebut telah melukiskan keyakinan yang menempel. Bangsa Yunani meyakini bahwa batu ini bisa dipakai untuk mencegah mabuk. Batu ini dapat diakui bisa kurangi dampak kecanduan pada minuman keras.

Pemakaian Umum Batu Kecubung

Batu kecubung sepanjang bertahun-tahun telah dipakai juga sebagai sisi dari perhiasan. Batu ini pada prinsipnya bisa dipakai untuk bermacam bentuk kepentingan, seperti cincin, kalung serta gelang. Bekas pemotongan Kecubung bisa pula dipakai juga sebagai manik-masik. Kadang-kadang, manik-manik digabungkan dengan warna serta bebatuan lain, seperti warna hijau serta merah.

0 Response to "Batu Kecubung: Keunikan, Mitos dan Fakta Ilmiah"