Latest News

Geliat Akik di Cirebon, Ada Batu Kembang Johar yang Banyak Diburu

Demam akik menempa nyaris semua kota di Indonesia. Pusat-pusat penjualan akik juga bermunculan. Tidak kecuali di Cirebon, Jawa barat. Kota yang dijuluki kota udang ini dapat ada batu yang jadi andalan serta kebanggaan, satu diantaranya batu akik Kembang Johar.

Batu Kembang Johar ini berwarna kuning. Batu ini banyak diburu beberapa kolektor. Tidak heran harga nya paling murah saja Rp 1, 5 juta. Itu juga bila mujur bersua pedagang yang ingin menjualnya. Di pasar batu Kanoman saja cuma ada satu dua pedagang yang mempunyai stock barang.

 " Batu Kembang Johar ini galian dari Gunung Jati, Cirebon, " terang Dasep seseorang pedagang yang didapati, Jumat (8/5/2015).

Gunung Jati itu tanah punya keraton Cirebon. Jadi tidak sembarang dapat lakukan penggalian. Alhasil, Batu Kembang Johar juga cukup langka serta susah diperoleh.

Sesungguhnya ada batu lain terkecuali Kembang Johar, ada Katilayu, Ambar Jati, serta Ambar Kelor. Batu-batu ini biasanya galian di tanah keraton, baik yang di Cirebon ataupun Indramayu.

 " Batu Kembang Johar yang populer, banyak yang mencari. Itu Pak Menteri Yuddy (Yuddy Chrisnandi-red) juga gunakan, " tutup dia.

0 Response to "Geliat Akik di Cirebon, Ada Batu Kembang Johar yang Banyak Diburu"