Latest News

Yuk intip Keunikan Batu Akik Indonesia

Trend batu akik yang menempa nyaris semua pelosok Indonesia bikin beberapa pengrajinnya juga kebanjiran konsumen. Batu yang berwarna-warni serta memiliki kandungan keindahan itu jadi daya tarik sendiri. Tetapi, apa uniknya batu asal Indonesia?

Metrotvnews. com cobalah berkunjung ke salah satu stan di pameran " Demam Batu " asal Kalimantan Timur yang menghadirkan batu permata yang datang dari fosil kayu Ulin.

 " Ini aslinya dari Pohon Ulin, tetapi mengendap beberapa ribu bahkan juga jutaan th. sampai terbentuk jadi batu seperti ini, " tutur sang yang memiliki, Husni, di tempat pameran di Plaza Pameran Kementerian Perindustrian, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (21/4/2015).

Husni memberikan, untuk harga nya juga beragam bergantung pada motif yang terbentuk pada batu itu. " Bila untuk harga beda-beda. Dari mulai beberapa ratus ribu hingga jutaan, " sambung dia.

Kekhasan batu asal Indonesia yang lain yaitu motif atau gambar yang ada didalam batu itu. Seperti yang di jual di stan asal Banyumas, Jawa Timur. " Ini ada type Kalsedon Kendit Cat Eye Tiga Warna. Ada type Badar motif macan serta Badar motif sepatu, " tutur Lukman, sang penjual pada Metrotvnews. com.

Terkecuali motif tadi, dia juga mempunyai batu type Badar dengan motif gunung Krakatau. " Ini yang motif gunung Krakatau seperti ini belum pasti juga Banten mempunyai, " terangnya.

Harga yang di tawarkan juga cukup merogoh kocek kisaran pada Rp10 juta sampai Rp50 juta. Tetapi, untuk menjamah pasar ekspor dianya mengakui belum lakukan hal itu. " Bila jual untuk ekspor kita belum. Hanya rekan saya sekian kali ada yang bawa, mulai ke Belanda, Suriname, London hingga Afrika Selatan, " ujarnya.

0 Response to "Yuk intip Keunikan Batu Akik Indonesia"